- 2011 (8)
- 2010 (66)
-
2007
(25)
- Mei(4)
-
April(18)
- Teori dan Program Pengolah Desain Grafis
- TEORI PEMPROGRAMAN INTERNET
- TEORI DATABASE PADA SISTEM BERKAS
- PENGANTAR INTERNET
- CARA MEMBANGUN E-COMMERCE
- Model OSI dan Protokol TCP/IP
- IMPLEMENTASI TEKNIK FEATURE MORPHING PADA CITRA DU...
- MEMBANGUN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGEN...
- TEORI SISTEM PAKAR
- Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
- TAHAP DEMI TAHAP MIGRASI WINDOWS KE LINUX
- DATABASE DAN DBMS
- DATA WAREHOUSE DAN SISTEM KEAMANAN OLAP
- Konsep Postgres
- Konsep BAHASA SIMULASI
- Konsep Dasar Client/Server
- Pengenalan Animasi
- Konsep Kecerdasan Buatan (AI)
- Maret(3)
Blog Archive
-
▼
2007
(25)
-
▼
April
(18)
- Teori dan Program Pengolah Desain Grafis
- TEORI PEMPROGRAMAN INTERNET
- TEORI DATABASE PADA SISTEM BERKAS
- PENGANTAR INTERNET
- CARA MEMBANGUN E-COMMERCE
- Model OSI dan Protokol TCP/IP
- IMPLEMENTASI TEKNIK FEATURE MORPHING PADA CITRA DU...
- MEMBANGUN KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGEN...
- TEORI SISTEM PAKAR
- Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
- TAHAP DEMI TAHAP MIGRASI WINDOWS KE LINUX
- DATABASE DAN DBMS
- DATA WAREHOUSE DAN SISTEM KEAMANAN OLAP
- Konsep Postgres
- Konsep BAHASA SIMULASI
- Konsep Dasar Client/Server
- Pengenalan Animasi
- Konsep Kecerdasan Buatan (AI)
-
▼
April
(18)
Pengikut
Konsep Dasar Client/Server
Konsep Dasar Client/Server
Menurut Gallaugher & Ramanathan (1996) :
“client/server adalah client mengirim permintaan ke server,server menterjemahkan pesan,kemudian berusaha memenuhi permintaan”
Menurut Blaha & Premerlani (1998) :
“client/server adalah suatu arsitektur dimana sumber daya server menyediakan komputasi untuk banyak komponen client.Client dapat mengakses satu server atau multiple server. Client dan server bisa berjalan pada mesin yg sama atau berbeda, ditulis dalam berbagai bahasa dan menggunakan sistem operasi yang berbeda
• Komputasi client-server melibatkan pembagian suatu aplikasi ke dalam beberapa task dan meletakkan setiap task pada platform yang dapat menangani secara efisien
• pemrosesan data bisa berada pada client atau di-split diantara client dan server
• Server dihubungkan ke client melalui suatu jaringan
Pengertian lain, client melakukan permintaan suatu informasi atau mengirim perintah ke server. Server akan menerima permintaan dan perintah client. Kemudian server akan memproses memproses berdasarkan permintaan tersebut, dan mengembalikan kepada client sebagai hasil pemrosesan yang sudah dilakukan.
Data yang diminta oleh client dapat diambil dari database pada sisi server yang sering disebut database server, seperi misalnya MySQL, PostgreSQL, Oracle, atau SQL Server.
Karakteristik Client-Server :
- Client dan Server merupakan item proses (logika) terpisah yang bekerja sama pada suatu jaringan komputer untuk mengerjakan suatu tugas
- Service : Menyediakan layanan terpisah yang berbeda
- Shared resource : Server dapat melayani beberapa client pada saat yang sama dan mengatur pengaksesan resource
- Asymmetrical Protocol : antara client dan server merupakan hubungan one-to-many. Client memulai komunikasi dengan mengirim request ke server. Server menunggu permintaan dari client. Kondisi tersebut juga memungkinkan komunikasi callback.
- Transparency Location : proses server dapat ditempatkan pada mesin yang sama atau terpisah dengan proses client. Client/server akan menyembunyikan lokasi server dari client.
- Mix-and-match : tidak tergantung pada platform
- Message-based-exchange : antara client dan server berkomunikasi dengan mekanisme pertukaran message.
- Encapsulation of service : message memberitahu server apa yang akan dikerjakan
- Scalability : sistem C/S dapat dimekarkan baik vertikal maupun horisontal
- Integrity : kode dan data server diatur secara terpusat, sedangkan pada client tetap pada komputer tersendiri
Referensi :
1 lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/PEMROGRAMAN%20JARI NGAN-Modul2.doc
2.kuliah.armediaweb.com/clientserver/dasarcsr.pdf
0 komentar:
Posting Komentar